Selasa, 29 Oktober 2013

wawancara UKM

Mencari sistem perusahaan kecil tentang SIA
Mewawancarai dari UKM dari toko sepatu wanita online

#siklus sistem SIA
  • Mendiskusikan dengan para pemasok

Saya : Gimana sih perusahaan bapak mendapatkan pemasok untuk usaha yang
bapak jalani?

Jawab: Mendatangi  produsen yang menghasilkan produk yg bermutu cukup bagus, baik dari segi matrial maupun pekerjaan.

  • Memproses permintaan

saya : Bagaimana cara bapak meminta proses permintaan barang kepada pemasok, untuk nilai jumlah perusahaan bapak sendiri?

Jawab: Pemesanan kepada pemasok dilakukan dg menggunakan pesan singkat (SMS) atau Telpon.
  • Membuat perjanjian dengan pemasok untuk membeli barang atau jasa dari masa mendatang
saya : Adakah kontrak kerja dengan pemasok? Jika ada jelaskan

Jawab: tidak ada

saya : Jika perusahaan bapak sudah membeli suatu barang dalam jumlah banyak, akan tetapi barang tersebut kurang direspon dari para pelanggan bapak, adakah perjanjian dengan pemasok perihal permasalahan tersebut? Bagainama?

Jawab: Resiko produk tidak/kurang laku adalah resiko kami sebagai penjual, pihak pemasok tidak mau menanggung resiko spt ini.

  • Menerima barang jasa dari pemasok

saya : Bagaimana cara transaksi barang perusahaan bapak dengan pemasok?

Jawab: Pembayaran tunai  1minggu setelah barang dapat diterima.
  • Mengakui atas barang dan jasa yang diterima

saya : Setelah menerima barang adakah selalu kendala dari pemasok?

Jawab: Kendala atau tepatnya masalah yg sering muncul adalah, warna sepatu tidak/kurang sesuai dengan pesanan.

  • Mengakui faktur-faktur yang akan dibayar
saya : Adakah perjanjian pembayaran jika perusahaan bapak belum mampu/melunasi pembayaran terhadap pemasok?

Jawab: Tidak.

  •  Menulis cek

saya : Produk apa saja yang di jual perusahaan bapak?

Jawab: hanya sepatu wanita.

saya : Siapa saja pelanggan-pelanggan bapak?

Jawab: Wanita remaja dan Dewasa.

saya : Bagaimana pesanan pelanggan bapak dipenuhi? Apakah prosesnya berbeda menurut jenis produknya?

Jawab: penanganan pesanan sama bagi setiap jenis produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar